RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA .................
Kelas
/ Semester : XI (Sebelas) /
Semester I
Mata
Pelajaran : FISIKA
Standar Kompetensi
1. Menerapkan
konsep – konsep termodinamika
Kompetensi
Dasar
1.1 Mendeskripsikan hukum – hukum termodinamika
Indikator
·
Mendeskripsikan
hukum pertama termodinamika
·
Mendeskripsikan hukum kedua termodinamika
A.
Tujuan Pembelajaran
·
Dapat menganalisis proses – proses hukum pertama
termodinamika
· Mengaplikasikan
hukum kedua termodinamika dalam kehidupan sehari - hari
B.
Materi Pembelajaran
Termodinamika : Hukum utama termodinamika,
Mesin Carnot
C.
Metode Pembelajaran
1.
Model : -
Direct Instruction (DI)
2.
Metode : - Diskusi kelompok
-
Eksperimen
-
Observasi
- Ceramah
D. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
· Menganalisis karakteristik proses
isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas
|
· Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi
dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi
kelas
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi
dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.
Kegiatan Pendahuluan
-
Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana syarat benda dikatakan menerima
tekanan?
l Prasyarat
pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan usaha ?
-
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan mesin carnot.
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-
Menghitung
usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum
utama termodinamika dalam diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menganalisis karakteristik proses isobarik,
isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-
Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien
performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah (nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum
diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis, Komunikatif,
Tanggung Jawab.);
c. Kegiatan Penutup
-
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,
Demokratis, Rasa ingin tahu,
Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-
Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi
untuk membuat rangkuman. (nilai yang
ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
-
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur,
Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,
Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
E. Sumber Belajar
a. Buku Fisika SMA
dan MA Jl. 2b
b. Buku referensi
yang relevan
c. Alat dan bahan
praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
l Tes
tertulis
l Tes
unjuk kerja
b. Bentuk
Instrumen:
l PG
l Uraian
l Uji
petik kerja produk
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
RPP yg K13 revisi ad buk....
BalasHapus