Sabtu, 01 Juni 2013

RPP Termodinamika



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMA .................
Kelas / Semester           : XI (Sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
          1.   Menerapkan  konsep – konsep  termodinamika

Kompetensi Dasar
       1.1  Mendeskripsikan  hukum – hukum  termodinamika

Indikator
·         Mendeskripsikan hukum pertama termodinamika
·         Mendeskripsikan hukum kedua termodinamika

A. Tujuan Pembelajaran
·      Dapat menganalisis proses – proses hukum pertama termodinamika
·      Mengaplikasikan hukum kedua termodinamika dalam kehidupan sehari - hari

B. Materi Pembelajaran
      Termodinamika : Hukum utama termodinamika, Mesin Carnot

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                              
             2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
-  Ceramah

D. Strategi Pembelajaran

Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·     Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas
·     Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas
·     Siswa dapat  Mendeskripsikan usaha, kalor, dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika

E.  Langkah-langkah Kegiatan                                                         
               PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
-         Motivasi dan Apersepsi:
      -   Bagaimana syarat benda dikatakan menerima tekanan?
l  Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan usaha ?
-         Pra eksperimen:
                              -   Berhati-hatilah menggunakan mesin carnot.
b. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
-         Menghitung usaha, kalor, dan/atau energi dalam dengan menggunakan prinsip hukum utama termodinamika dalam diskusi kelas (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menganalisis karakteristik proses isobarik, isokhorik, isotermik, dan adiabatik dalam diskusi kelas. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
-         Menghitung efisiensi mesin kalor dan koefiseien performans mesin pendingin Carnot dalam diskusi pemecahan masalah (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif,
Tanggung Jawab.);

c. Kegiatan Penutup
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);



E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2b
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
l  Tes tertulis
l  Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
l  PG
l  Uraian
l  Uji petik kerja produk



                                                                                                 ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                          Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                         ..............................
NIP.                                                                                           NIP.

1 komentar: